Pengertian, Fungsi dan Struktur Penulisan Company Profile

Company Profile merupakan suatu hal yang sangat penting dan krusial dalam sebuah bisnis. Namun hal ini masih sering dianggap sepele.

Banyak perusahaan yang masih berfokus bagaimana produknya terjual secara masif ketika berbicara marketing, tidak mendalami apa saja yang harus ada dalam sebuah proses marketing.

Maka dari itu penting untuk mengetahui peran Company Profile dalam sebuah bisnis dan menjadi bagian dari proses marketing.


Pengertian dari Company Profile

Secara pengertian, Company Profile merupakan suatu dokumen yang dibuat oleh perusahaan dengan tujuan memperkenalkan diri. Di dalamnya terdapat beberapa informasi singkat tentang perusahaan tersebut.

Informasi yang biasa dicantumkan di dalamnya meliputi visi, misi, nilai, tujuan bisnis, produk, dan berbagai fakta lainnya yang berhubungan dengan kualitas dan reputasi perusahaan.


Fungsi dari Company Profile

Secara umum Company Profile memiliki beberapa fungsi yang cukup fundamental dalam perkembangan sebuah bisnis. Berikut penjelasannya.

1.   Menciptakan Brand Story

Dalam sebuah profil perusahaan, Anda dapat menceritakan bagaimana keberjalanan perusahaan. Mulai dari cerita sejarah pendirian, pencapaian yang sudah didapatkan, serta tujuan yang sedang berusaha dicapai.

Hal semacam ini menjadi sangat penting dalam dunia bisnis, karena selalu menjadi cara terbaik untuk membangun sebuah koneksi dengan klien.

Memberikan gambaran umum pada Company profile akan membuka peluang untuk berkembang menjadi suatu usaha dengan skala yang lebih besar.

2.   Mempromosikan Brand

Selain berfungsi untuk menciptakan brand story, profil perusahaan juga dapat Anda gunakan untuk mempromosikan brand kepada setiap calon konsumen. Dengan melakukan hal ini, bukan hanya brand Anda banyak diketahui, namun juga mendapat kepercayaan dari konsumen.

Secara tidak langsung, konsumen akan merasa lebih mengenal tentang apa yang Anda jual dan bagaimana keberjalanan perusahaannya. Ini menjadi bagian penting ketika bicara pemasaran.

3.   Menunjukan Keunikan Karakter Perusahaan

Informasi mengenai keunikan dan karakter suatu perusahaan nampaknya masih jadi hal yang sulit ditemukan oleh setiap calon konsumen. Maka dari itu Company profile memiliki fungsi yang salah satunya bertujuan untuk menjelaskan hal tersebut.

Brand story akan menjelaskan bagaimana orisinalitas sebuah perusahaan, dimana hal ini bisa dikatakan menjadi satu poin unik yang menarik tidak hanya bagi konsumen, melainkan investor, partner, bahkan hingga calon karyawan baru.


Struktur Ideal Company Profile

Dalam sebuah pembuatan company profile struktur menjadi hal yang sangat penting. Ini bertujuan agar profil yang Anda buat tidak terlalu bertele-tele dan keluar dari tujuannya. Berikut penjelasannya.

1.   Detail Bisnis

Detail bisnis perusahaan menjadi hal yang cukup penting dalam sebuah profil, Anda bisa mengisinya dengan nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan email dari perusahaan tersebut.

2.   Detail Perusahaan

Ketika berbicara detail perusahaan, tentu di dalamnya harus berisikan visi, misi, nilai perusahaan, deskripsi produk atau layanan, sejarah dan tumbuh kembangnya perusahaan, hingga portofolio klien.

3.   Pengakuan Industri

Pencapaian perusahaan merupakan hal penting untuk sebuah bisnis, ini berpengaruh pada pengakuan industri. Anda bisa mencantumkan sertifikat, penghargaan, liputan media, hingga testimoni kemitraan.


Langkah-langkah Pembuatan Company Profile

Dalam pembuatan Company profile ada beberapa langkah-langkah yang harus Anda perhatikan. Berikut penjelasannya.

1.   Tentukan Tujuan dan Gaya Bahasa

Sebuah profil perusahaan harus dibuat dengan sedemikian rupa agar dapat dengan mudah dimengerti oleh target audiens. Maka dari itu sebaiknya Anda menentukan tujuan terlebih dahulu.

Tentukan tone dan gaya Bahasa yang digunakan dalam sebuah company profile, posisikan diri sebagai pembaca untuk memudahkannya. Semakin banyak hal yang diperhatikan secara detail, akan berpengaruh kepada kualitas profil yang Anda buat.

2.   Ceritakan Visi dan Misi

Setiap perusahaan memiliki visi dan misi sebagai acuan untuk kesuksesan. Dalam pembuatan profil perusahaan, visi dan misi harus dikemas dengan cerita yang menarik.

Tanpa adanya cerita menarik, semua itu akan terlihat baku dan membosankan ketika dibaca oleh calon konsumen. Maka dari itu penting untuk memperhatikan hal ini.

3.   Perhatikan Format dan Urutan Kronologis

Perhatikan format dalam pembuatan profil, gunakan jenis font yang dirasa sesuai dengan brand guideline perusahaan Anda. Pastikan cerita yang bersangkutan dengan sejarah perusahaan dibuat dengan urutan kronologi yang jelas.

4.   Tambahkan Kata-kata Ajakan

Menambahkan kata-kata ajakan merupakan hal yang tidak kalah penting dalam hal ini. Seperti, ajakan mengunjungi situs perusahaan atau dapat mengarahkan ke nomor contact center. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah dalam menghubungi Anda.

5.   Pilih Bentuk Company Profile yang Tepat

Pilih bentuk company profile yang tepat dengan cara mencari tahu konten yang paling sesuai dengan model bisnis dan target audiensnya. Dengan begitu proses pengerjaan profil perusahaan akan menjadi lebih mudah dan tepat sasaran.


Manfaat dari Company Profile

Ada beberapa manfaat ketika sebuah perusahaan memiliki profil dengan kualitas yang bagus. Berikut penjelasannya.

1.   Sebagai Media Pemasaran

Sebuah profil perusahaan dengan kualitas yang baik akan memberikan kesan pertama yang positif bagi klien. Namun tidak berhenti disitu, kesan pertama klien juga harus bertahan lama dengan cara mengingat bisnis Anda hanya melalui profil perusahaan.

Jika melihat fungsi utama dari profil ini adalah sebagai alat pemasaran yang efektif dan efisien. Dengan kata lain, profil perusahaan harus dibuat semenarik mungkin dan dapat dijangkau di berbagai platform media sosial.

2.   Meningkatkan Brand Awareness

Persaingan bisnis kini semakin ketat, banyak sekali brand-brand baru dengan ciri khas dan kualitas yang tidak kalah dengan brand lama. Semua bersaing untuk menjadi yang lebih unggul, company profile akan membuat bisnis Anda dikenal calon pelanggan.

Maka dari itu penting bagi setiap pemilik brand membangun profil yang kuat dengan tujuan membangun kepercayaan konsumen. Profil perusahaan yang dikemas dengan profesional akan dianggap lebih kompeten oleh setiap calon konsumen.

3.   Membuat Perusahaan Lebih Menonjol

Bisnis yang memiliki profil perusahaan sudah jelas akan lebih menonjol di depan calon konsumen dibandingkan dengan bisnis yang tidak memiliki profil.

Tanpa profil perusahaan, calon konsumen akan sulit untuk mencari informasi produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan profil yang informatif, menarik, dan didesain secara profesional akan menjadi nilai tambah pada perusahaan.


Seberapa Penting
Desain Grafis dalam Company Profile ?

Sepertinya ini merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan ketika akan membuat company profile. Ada banyak sekali hal yang akhirnya membuat desain menjadi suatu hal yang penting dalam sebuah profil perusahaan. Berikut penjelasannya.

1.   Memudahkan Membaca dan Memahami

Desain yang dibuat konsisten dengan identitas perusahaan Anda akan memberikan kesan yang kuat pada setiap audiens. Warna, logo, dan elemen lainnya diarahkan sebisa mungkin mencerminkan nilai dan citra perusahaan Anda.

2.   Menarik Perhatian

Profil perusahaan Anda harus dibuat dengan desain yang unik, sehingga mampu menarik perhatian ketika orang lain pertama melihatnya. Tentu dengan terus memperhatikan profesionalisme dalam pengerjaannya.

3.   Meningkatkan Profesionalisme

Profil perusahaan yang dibuat dengan desain yang baik akan memberikan kesan elegan dan profesional. Dengan begitu calon konsumen tidak akan ragu dengan jasa atau produk yang ditawarkan perusahaan Anda.

4.   Mengkomunikasikan Perbedaan

Desain yang baik juga dapat digunakan untuk mengkomunikasikan apa yang membuat perusahaan Anda unik. Ini meliputi banyak aspek, seperti nilai atau inovasi produk atau jasa yang ditawarkan.

5.   Menggugah Emosi

Penggunaan visual yang menarik dapat mempengaruhi emosi audiens. Dengan begitu, secara tidak langsung ini akan membangun hubungan emosional antara Anda dan semua calon konsumen.

6.   Memperkuat Citra Merek

Desain yang konsisten akan memperkuat dan mempertahankan citra brand pada konsumen. Hal ini akan berpengaruh pada kesadaran terhadap produk yang Anda tawarkan.

7.   Mendorong Tindakan

Tujuan membuat company profile tentu untuk mendorong tindakan tertentu, seperti mendorong calon konsumen menghubungi situs yang Anda miliki. Desain grafis dapat memberikan panduan visual pada semua audiens untuk mengambil tindakan yang diinginkan.

8.   Meningkatkan Efektivitas

Desain grafis dalam sebuah profil perusahaan dapat meningkatkan efektivitas dokumen secara keseluruhan. Dengan desain yang baik, Anda akan lebih mudah mencapai tujuan dari pembuatan profil perusahaan.

Maka dari itu, penting untuk sebuah perusahaan mempertimbangkan peran desain grafis pada setiap profil perusahaan yang akan dibuat. Ini bukan hanya berpengaruh pada estetika, namun juga dapat menciptakan kesan yang kuat.

9.   Menekankan Poin Utama

Desain grafis akan membantu Anda untuk menonjolkan poin-poin utama dari apa yang ingin dijelaskan dari sebuah profil perusahaan. Seperti penggunaan grafik atau ilustrasi untuk memvisualkan data dan statistic.


Pengaruh Kualitas Penulisan dalam Company Profile

Tidak bisa dipungkiri, dalam sebuah profil perusahaan kualitas penulisan menjadi hal yang paling fundamental. Tulisan bertujuan untuk mengarahkan apa yang menjadi tujuan awal pembuatan profil perusahaan.

Maka dari itu penting untuk memperhatikan kualitas tulisan. Jika memang Anda merasa kesulitan dalam hal ini, Anda bisa menggunakan layanan penulisan agar lebih profesional dalam pembuatan.

Diera digital layanan penulisan sangat menjamur dan mudah ditemui, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Secara garis besar kualitas penulisan sangat berpengaruh pada pengarahan muatan yang ingin disampaikan.

Penulisan yang kurang baik dan tidak menggunakan konsep akan membuat audiens bingung apa yang menjadi maksud dari profil perusahaan yang dibuat.


Kualitas Percetakan dalam Company Profile

Mencetak sebuah profil perusahaan mungkin terdengar kuno dan ketinggalan zaman. Karena saat ini semua sudah digital, melakukan pencetakan dianggap membuang anggaran dengan presentasi hasil yang tidak terlalu besar.

Namun ternyata paham seperti ini kurang tepat, melakukan pencetakan profil perusahaan masih dianggap relevan. Terlebih jika bertemu klien secara langsung, akan lebih ideal jika profil yang diberikan dalam bentuk yang sudah dicetak, bukan file.

Maka dari itu penting untuk sebuah perusahaan menentukan tempat yang bagus dan terpercaya untuk melakukan pencetakan profil perusahaan. Karena desain dan konten yang bagus akan kehilangan nilainya jika dicetak dengan kualitas yang kurang baik.

Terdapat banyak sekali hal penting yang perlu diketahui, ini meliputi hal dasar yang cukup fundamental dalam sebuah profil perusahaan. Anda perlu mengetahui bagian-bagian penting yang akan membuat bisnis terlihat profesional.

Dengan profil yang bagus dan tepat sasaran, perusahaan Anda akan mudah dikenali oleh setiap konsumen. Hal ini yang membuat company profile menjadi sesuatu yang penting dalam sebuah bisnis.