
Memahami Pentingnya Design dan Printing Brosur dalam Dunia Bisnis
Persaingan bisnis diera digital semakin ketat, tentu karena kemajuan teknologi yang begitu pesat. Brosur menjadi hal penting dalam dunia marketing.
Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika akan memulai bisnis, salah satu poin pentingnya bagaimana cara memasarkannya. Pertanyaan seperti ini tentu harus terjawab sebelum bisnis Anda mulai berjalan.
Membuat bisnis Anda menarik dan mampu mencuri perhatian setiap calon konsumen adalah langkah awal yang harus dilakukan. Memanfaatkan design yang bagus dapat menjadi solusi untuk hal ini.
Pengertian dari Brosur
Sebelum era digital seperti saat ini, brosur merupakan selebaran kertas yang berisikan informasi dan promosi tentang suatu produk atau jasa. Biasanya sering dibagikan secara Cuma-Cuma oleh pihak marketing suatu perusahaan.
Diera digital seperti saat ini, selebaran promosi sudah sangat jarang ditemukan, karena biasanya pihak perusahaan membagikannya dalam bentuk file, bukan lagi selebaran yang dicetak.
Namun pencetakan selebaran masih tetap digunakan, dengan target pasar yang berbeda. Hanya dalam momen-momen tertentu saja pencetakan dilakukan.
Komponen dalam Membuat Brosur
Terdapat beberapa komponen penting yang harus ada ketika akan membuat sebuah brosur. Maka dari itu, berikut penjelasannya.
1. Foto Produk
Foto produk merupakan komponen paling penting dalam pembuatan selebaran. Tidak perlu semua produk yang Anda jual, beberapa saja yang dianggap akan berhasil mencuri perhatian seseorang ketika melihatnya.
Anda juga bisa menambahkan public figure untuk lebih meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan. Karena, biasanya seorang public figure memiliki banyak pengikut yang akan mengikutinya.
2. Pemilihan Kata
Pemilihan kata menjadi hal yang tidak kalah penting dalam membuat brosur. Bagaimana Anda harus meyakinkan setiap calon konsumen dengan kata-kata yang digunakan pada selebaran iklan.
Maka dari itu sebisa mungkin hal ini diperhatikan secara khusus. Jika tidak mampu melakukannya, saat ini sudah tersedia banyak sekali jasa penulisan yang siap membantu dalam hal ini.
3. Tone Color
Selain memilih kata yang pas dan menarik, ternyata memilih warna dalam sebuah pembuatan selebaran promosi menjadi hal yang tidak kalah pentingnya. Warna yang dipilih harus selaras dengan karakter dari brand atau produk yang Anda tawarkan.
Keselarasan ini yang akhirnya akan membuat setiap calon konsumen mudah dalam mengingatnya. Hal ini yang akan menimbulkan brand image pada perusahaan Anda.
4. Informasi Lengkap
Selalu pastikan selebaran promosi Anda memiliki informasi yang lengkap di dalamnya. Seperti daftar harga, bagaimana cara order, dan hal lainnya yang bersangkutan dengan promosi. Validasi kembali informasi yang dimasukan sudah benar.
Karena tidak sedikit calon konsumen yang terkadang merasa bingung ketika melihat selebaran promosi, harus menghubungi kemana ketika ingin memesan. Hal seperti itu diharapkan tidak terjadi pada produk atau jasa yang Anda tawarkan.
5. Call To Action
Ini merupakan hal yang tidak kalah pentingnya dari 4 poin di atas. Teknik call to action membuat setiap calon konsumen akan terpengaruh untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Gunakan kata-kata “Hubungi Kami” atau “Kunjungi Kami di”. Ini merupakan contoh call to action yang bisa Anda gunakan dalam setiap brosur, baik cetak atau digital.
Fungsi dari Brosur
Ada beberapa fungsi dari pembuatan brosur yang tentu berpengaruh pada tumbuh kembangnya sebuah perusahaan. Berikut penjelasannya.
1. Media Pemasaran Produk atau Jasa
Selebaran berfungsi sebagai media pemasaran produk atau jasa dengan tujuan sebagai alat komunikasi secara visual antar pemilik usaha dengan calon konsumen. Fungsinya tidak sekedar menjadi sumber informasi, tetapi meyakinkan setiap calon pelanggan.
Maka dari itu melibatkan gambar dan teks menjadi hal yang cukup penting dalam pembuatan selebaran promosi. Namun tetap memperhatikan dengan konsep awal yang sudah dibuat, karena gambar dan teks hanya jadi pendukung.
2. Sarana Informasi dan Sosialisasi
Brosur selalu dibuat dalam bentuk sederhana dan ringkas, hal ini membuatnya mampu memberikan pengetahun terbaru tentang suatu hal dengan sangat cepat. Bisa menyangkut program, himbauan, bukan hanya tempat promosi bisnis.
Selebaran promosi ini menjadi alat promosi yang bisa dengan mudah menyebarkannya. Maka dari itu dalam konteks sosialisasi, selebaran seperti ini dianggap efektif untuk memberikan informasi kepada orang banyak.
3. Meningkatkan Brand Awareness
Selebaran promosi yang dikemas dengan design menarik dan informasi yang tidak terlalu bertele-tele akan mendapatkan perhatian dari setiap orang yang melihatnya. Secara tidak langsung hal seperti ini akan meningkatkan brand awareness perusahaan.
4. Media Promosi dan Diskon
Brosur merupakan salah satu alat promosi yang dianggap efektif untuk memberikan penawaran khusus seperti diskon. Selebaran seperti ini mampu menarik setiap calon konsumen untuk mengetahui lebih lanjut tentang promo yang diberikan.
Proses penyebaran yang mudah membuat selebaran promosi seperti ini sangat mungkin untuk diketahui banyak orang. Dengan begitu produk atau jasa dari sebuah perusahaan seminimal mungkin akan diketahui orang lain.
Jenis-jenis Brosur
Brosur terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan kegunaannya. Maka dari itu berikut penjelasan mengenai jenis-jenisnya.
1. Leaflet
Leaflet merupakan jenis brosur yang sudah sangat jarang digunakan. Sebagai media promosi pada umumnya, leaflet sebaiknya dibuat dengan memperhatikan perkembangan pada setiap komponennya.
Ini bertujuan agar media promosi seperti ini tidak termakan oleh perkembangan zaman, tentu dengan kualitas yang terus dikembangkan.
2. Booklet
Secara umum booklet hanya memiliki satu lipatan, namun lipatan tersebut terdiri dari beberapa lembar kertas sehingga menyerupai buka yang tidak berjilid. Jenis brosur satu ini biasa digunakan sebagai sarana promosi dan informasi seperti company profile.
3. Poster
Arti dari kata poster sendiri adalah surat tempelan, dengan begitu dapat diartikan jika poster adalah brosur yang ditempelkan pada tempat strategis dengan harapan akan dilihat oleh banyak orang.
4. Folder
Folder merupakan gabungan dari berbagai jenis selebaran. Bentuknya hampir sama seperti map, dengan di bagian dalam terdapat kantong untuk menyimpan berbagai berkas lainnya. Sebelum era digital, barang ini sangat mudah untuk Anda temui.
Komponen Penting Desain Brosur
Ada beberapa komponen penting ketika berbicara design brosur. Hal ini tentu harus jadi perhatian Anda sebagai pemilik bisnis. Berikut penjelasannya:
1. Tetap pada Dasar
Design pada selebaran kertas promosi biasanya dibuat dengan kata-kata atau gambar yang hiperbola, hingga tidak jarang mengabaikan hal-hal yang dianggap mendasar. Selalu ingat dengan konsep dasar dari pembangun suatu brand.
Tidak ada salahnya menciptakan kesan berlebih tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan, namun harus tetap memperhatikan masuk akal atau tidak ketika digunakan.
2. Gunakan Judul yang Kuat
Penggunaan judul yang kuat akan membuat setiap orang yang melihatnya tertarik untuk membaca lebih jauh tentang apa isi dari brosur tersebut. Maka dari itu judul harus mampu membangkitkan rasa penasaran setiap yang melihatnya.
Dalam proses pengambilan judul bisa meliputi banyak hal seperti promosi, peluncuran suatu produk, atau bahkan hingga ajakan untuk melakukan suatu tindakan.
3. Buat Singkat dan Sederhana
Ketika membuat desain selebaran, biasanya pemikiran Anda terkontaminasi oleh berbagai hal yang akhirnya membuat ingin menempelkan banyak sekali informasi yang menyangkut perusahaan. Namun ternyata cara tersebut tidak terlalu efektif.
Design dalam sebuah selebaran promosi alangkah baiknya dibuat dengan kalimat to the point dan sederhana. Tidak bertele-tele, karena akan membuat jenuh calon konsumen ketika terlalu bertele-tele.
4. Hindari Istilah Teknis
Bahasa yang dituangkan dalam sebuah brosur harus mudah dipahami oleh semua kalangan. Kecuali jika Anda membuat selebaran secara spesifik untuk kalangan tertentu.
Jika ditujukan untuk khalayak umum, tentu akan mudah dimengerti jika tidak terlalu banyak menggunakan istilah-istilah yang sulit untuk dipahami.
5. Tambahkan Grafik Menarik
Grafik yang menarik akan membantu visual yang Anda buat lebih meyakinkan dengan menghadirkan estetika dalam selebaran. Grafik yang dimaksud bisa berupa garis, atau latar belakang.
Grafik juga berfungsi untuk menghilangkan kesan monoton dari tulisan yang tersedia. Hanya saja yang perlu diperhatikan penempatan dari grafik yang akan Anda masukan. Jangan sampai membuat brosur menjadi terlihat rame dan kurang enak dilihat.
Pentingnya Memperhatikan Kualitas Printing Brosur
Kualitas printing dalam sebuah brosur memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan suatu selebaran promosi. Pastikan beberapa hal ini agar hasil printing terlihat elegan. Berikut penjelasannya.
1. Kualitas Kertas
Kualitas kertas dalam pembuatan selebaran sangat berpengaruh terhadap tampilan dan kesan keseluruhan brosur. Menggunakan kertas dengan kualitas tinggi seperti matte akan memberikan kesan profesional dan mewah.
Ada banyak sekali jenis kertas yang bisa Anda gunakan Ketika akan mencetak selebaran promosi. Mulai dari kertas mengkilap, matte, kertas tidak berlapis, kertas foto, kertas daur ulang, kertas sutra, dan kertas bertekstur.
2. Resolusi Cetak
Dalam dunia printing resolusi cetak menjadi poin yang sangat penting. Gambar dan grafik harus dengan kualitas tinggi, karena ini akan berpengaruh pada ketajaman gambar Ketika dilakukan proses printing.
3. Akurasi Warna
Warna yang digunakan pada selebaran promosi harus akurat dan konsisten. Hal ini bisa dicapai dengan menggunakan manajemen warna. Dengan begitu hasil cetakan akan terlihat lebih professional.
4. Pilihan Penyelesaian
Terdapat beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan Ketika fase penyelesaian. Mulai dari lapisan mengkilap, pelapis matte, pelapis spot uv, foil stamping, embossing, debossing, die-cutting, dan juga laminasi.
Anda bisa menentukan mana yang dirasa lebih cocok dengan kebutuhan brosur yang dibuat. Penting untuk tidak salah Ketika memilih hal ini.
5. Kualitas Design
Kualitas design akan menentukan hasil ketika suatu selebaran dicetak. Tata letak grafik harus dipastikan dengan baik agar tidak pecah ketika masuk dalam proses printing.
Brosur menjadi salah satu media yang paling efektif dalam proses marketing. Saat ini selebaran seperti ini sudah bertransformasi menjadi berbagai bentuk, salah satunya digital.